Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

10 Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas - Laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan perangkat tiba-tiba mati secara mendadak, kehilangan data, dan kerusakan hardware. Hal tersebut tentunya akan menghambat kerja Anda apalagi jika sedang di kerja deadline pasti akan menyebalkan sekali.

Selain itu tetap memaksa menggunakan laptop yang panas dalam jangka panjang juga akan membuat kinerja laptop melambat. 

Sebelum langsung ke postingan Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas, berikut 9 kemungkinan penyebab mengapa laptop menjadi cepat panas:

  1. Ventilasi laptop yang tersumbat
  2. Kipas laptop mati
  3. Putaran kipas yang melambat karena debu
  4. Peletakan laptop yang tidak tepat
  5. Thermal paste yang kering
  6. Laptop digunakan untuk main game berat dalam waktu lama
  7. Suhu ruangan
  8. Virus dan Malware
  9. Sistem operasi yang terlalu berat

10 Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

Berikut hal yang Anda bisa coba lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas dan overheat supaya kembali normal.

1. Bersihkan laptop secara teratur

Membersihkan laptop secara teratur bertujuan untuk menjaga perangkat Anda tetap bersih dari debu ataupun kotoran lainnya. Anda dapat menggunakan lap debu dan kemoceng sekali pakai untuk mencegah kotoran dari interior dan eksterior. Anda juga dapat membuka casing untuk menyedot debu di sekitar kipas dan komponen perangkat keras lainnya dengan hati-hati.

2. Jangan Terlalu Diforsir

Penggunaan laptop yang terus menerus tanpa henti dalam jangka panjang akan berakibat pada berkurangnya kinerja hardware. Karenanya coba untuk istirahatkan laptop beberapa saat setelah digunakan lebih dari 4 jam dengan cara matikan (shutdown) laptop beberapa saat sampai laptop kembali dingin. 

3. Efisienkan Penggunaan Software

Terlalu banyak resource memory yang tersedot bisa membuat laptop cepat panas. oleh karena itu biasakan menjalankan software yang benar-benar Anda butuhkan. Misalnya jika sedang mengedit video maka Anda bisa tutup software lainnya yang tidak terlalu dibutuhkan.

4. Cek Kondisi Thermal Paste dan Ganti Jika Dibutuhkan

Ada kalanya Laptop Cepat Panas disebabkan oleh habisnya lapisan Thermal Paste. Jadi silahkan coba Anda cek kondisi thermal paste yang menempel di atas processor, jika mengering, coba diganti dengan cara mengoleskan lagi ke atas processor.

Thermal paste bisa mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor secara cepat, dengan metode ini dapat membuat laptop anda tidak cepat panas. Karena kegunaan thermal paste ini adalah untuk mengurangi panas yang bersumber dari processor.

5. Pastikan Kipas Berfungsi dengan Normal

Jika setelah Anda menjalankan 4 tips diatas laptop masih cepat panas, Kemungkinan masalah ini disebabkan oleh kipas yang tidak berfungsi dengan normal. Karena, Kipas adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan hawa panas yang ada di dalam laptop. 

Coba cek apakah apakah kipas masih normal, dan jika sudah rusak maka sudah saatnya Anda membeli yang baru.

6. Gunakan Cooling Pad

Cara yang paling efektif untuk mengurangi panas berlebih pada laptop adalah dengan menggunakan cooling pad atau dudukan laptop supaya meningkatkan aliran udara. Selain itu cooling pad juga dapat menahan komputer Anda pada sudut yang optimal agar tetap dingin dan kinerja pengguna.

7. Perhatikan Alas Laptop

Hindari menempatkan laptop pada alas yang tidak dapat menyerap kalor misalnya seperti kasur, bantal, selimut dan benda lain yang umumnya bertekstur lunak serta empuk. Pasalnya, hal ini dapat menjadi penyebab mengapa laptop cepat panas. sebagai gantinya gunakan alas yang rata dan solid. misalnya kayu, triplek dan sebagainya.

8. Bersihkan Virus dan Malware

Malware adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer dan membuat kinerja melambat. Coba lakukan pemindaian menggunakan antivirus secara menyeluruh dan mendalam untuk mencari apakah di laptop kamu terdapat malware.

9. Perhatikan System Requirement Software Yang Terinstall

Software memiliki peran yang sangat besar dalam kinerja laptop, semakin besar resource yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu Software, maka semakin cepat pula laptop mengalami panas.

Jadi, sebelum anda menginstall sebuah software perhatikan system requirement nya dahulu supaya memakan terlalu banyak resorce memory.

10. Sistem Operasi Yang Terlalu Berat

Sama seperti software, sistem operasi yang terlalu berat juga dapat menjadi penyebab Laptop Cepat Panas karena terlalu terlalu banyak resorce memory termakan sehingga laptop bekerja lebih keras untuk menjalankannya.

Maka, coba perhatikan sistem operasi yang saat ini Anda gunakan apakah laptop Anda memenuhi system requirement nya. Jika tidak, Anda bisa mengganti dengan sistem operasi yang lebih ringan dan cocok dengan spesifikasi laptop Anda.

Penutup

Itulah 10 tips cara mengatasi laptop cepat panas. Jika Anda memiliki laptop dengan suhu terlalu panas, mungkin inilah saatnya untuk mencoba beberapa 10 tips dasar di atas. 

Posting Komentar untuk "10 Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas"