Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Suhu Laptop Atau PC dengan Mudah

Cara Memeriksa Suhu Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

Mengetahui cara memeriksa suhu/temperatur laptop atau PC adalah hal yang penting. Karena, jika terlampau panas atau overheating bisa merusak banyak komponen yang ada pada laptop. Maka untuk menghindari hal tersebut usahakanlah perangkat Anda tetap dalam keadaan sejuk.

PC yang overheating bisa terjadi karena sejumlah alasan seperti kurangnya ventilasi, debu, atau komponen yang tidak berfungsi dengan seharusnya. Bagi Anda yang sedang merasa khawatir akan masalah ini silahkan baca postingan ini hingga selesai.

Namun sebelum membahas Cara Memeriksa Suhu Laptop dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi, techiuroid.com juga akan memberikan informasi temperatur normal pada laptop atau PC Komputer.

Berapa Suhu Normal Laptop atau PC ?

Suhu ideal yang harusnya dimiliki oleh laptop adalah di bawah 60°C. Jadi Anda harus tetap menjaga temperatur tetap di bawah angka tersebut supaya laptop tetap mempunyai kinerja yang maksimal dan mencegah rusaknya komponen.

Jika Anda mendapati temperatur laptop berada diantara 60°C dan 80°C sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan bersihkan untuk memastikan kipas Anda bekerja dengan baik dan tidak terhalang oleh debu.

Pastikan juga bahwa suhu prosesor Anda tidak mencapai lebih dari 90°C. Pasalnya ini akan menyebabkan kerusakan serius pada komputer. Jika temperatur CPU sangat panas, pertimbangkankanlah untuk mengganti kipas dan mengembalikan penyesuaian overclocking yang mungkin telah Anda buat.

Namun jika laptop digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat biasanya akan memiliki suhu antara 70 hingga 80°C. 

2 Cara Cek Suhu Laptop Atau PC

Ada dua metode yang dapat kita gunakan untuk memeriksa suhu laptop Atau PC. Yang pertama adalah dengan Aplikasi sedangkan yang kedua tanpa Aplikasi.

Untuk metode pertama kita akan memakai bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Core temp. Dan yang kedua melalui BIOS/UEFI. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek Suhu Laptop Atau PC Menggunakan Aplikasi Core temp

Sebenarnya banyak sekali software/aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memeriksa tempertur Laptop atau PC. Namun di postingan ini techiuroid.com karena aplikasi sangat populer dan sangat mudah di operasikan.

Pertama, unduh Core Temp dengan cara klik tombol download di bawah ini.


Jika sudah silahkan instal di perangkat Anda, Kemudian jalankan aplikasinya. 

Setelah terbuka silahkan fokus ke bagian bawah panelnya, Disitu Anda akan melihat suhu CPU saat ini untuk setiap inti core. Bersama dengan data tersebut, Core temp juga akan menampilkan suhu rekaman Min dan Maks dari setiap inti sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerjanya dari waktu ke waktu.


Perhatikan juga persentase Load. Ini untuk memberi tahu Anda seberapa banyak pekerjaan yang dilakukan setiap inti CPU. Jika suhu menjadi laptop panas meskipun CPU tidak digunakan itu bisa menunjukkan bahwa ada masalah pada perangkat Anda.

Kolom Tj Max (singkatan dari temperature junction) menampilkan suhu operasi maksimum CPU Anda. Jika mencapai suhu ini, CPU Anda akan mati dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan. Tetap Menjalankan CPU pada suhu di sekitar level ini untuk waktu yang lama akan sangat berbahaya bagi komponen.

2. Cek Suhu Laptop Atau PC via BIOS/UEFI

BIOS terletak di motherboard dan merupakan perangkat lunak pertama yang dijalankan saat Anda menyalakan komputer. BIOS bertanggung jawab untuk memastikan semua perangkat keras di perangkat menyala dan berjalan dengan baik.

Di komputer yang lebih baru yang menjalankan Windows 10, BIOS telah diganti dengan mitra yang diperbarui yang dikenal sebagai UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Namun secara fungsional, UEFI dan BIOS adalah sama.

Untuk memeriksa suhu laptop atau PC melalui BIOS Anda harus merestart perangkat terlebih dahulu. Setelah PC dalam keadaan booting silahkan tekan tombol yang menjadi perintah untuk masuk ke BIOS yang tampil pada layar. Biasanya adalah F12, F2, Esc, atau Delete.

Setelah itu cari pengaturan Hardware Monitor. Pengaturan ini biasanya disingkat menjadi H/W Monitor. NOTE: Beberapa BIOS juga biasanya menggunakan nama yang lain seperti Status, PC Health, dan lain-lain.

Selanjutnya, cek suhu CPU pada keterangan PC Health Status.

Memeriksa Suhu Laptop Atau PC melalui UEFI / BIOS sangat tidak efisien. pasalnya kita harus merestart yang berarti menghentikan pekerjaan apa pun yang sedang dilakukan. Selain itu kita juga tidak dapat memantau suhu laptop dari waktu ke waktu.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial cara memeriksa suhu laptop dan cek temperatur PC dengan aplikasi serta melalui UEFI/BIOS. 

Posting Komentar untuk "Cara Memeriksa Suhu Laptop Atau PC dengan Mudah"