Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak berfungsi

Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak berfungsi

Pernahkah Anda mencoba memasangkan Bluetooth Android dengan smartphone lainnya atau headphone, dan Speaker Sound System Bluetooth namun tidak berfungsi seperti seharusnya. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda bertanya-tanya apakah bluetooth dari android yang Anda miliki sudah rusak.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, cobalah tips Cara Mengatasi Bluetooth Android rusak dan tidak berfungsi supaya kembali normal di bawah ini.

Cara Memperbaiki Bluetooth Android Tidak berfungsi

1. Cek Daya Baterai 

Sebelum Anda menjalankan panduan lainnya cobalah untuk cek daya baterai perangkat apakah mempunyai daya baterai yang cukup atau tidak. Pasalnya, jika daya baterai dalam keadaan sedikit itu dapat menjadi penyebab hal ini terjadi.

Beberapa aksesori Bluetooth pada beberapa perangkat yang menggunakan baterai tidak akan terhubung ke smartphone Anda saat baterai low atau mencapai persentase tertentu.

2. Nyalakan Ulang Bletooth

Jika bluetooth masih tidak dapat terhubung, silahkan Anda matikan dan nyalakan kembali bluetooth di ponsel lalu setelah beberapa detik coba lagi proses penyandingan (pairing) antar perangkat.

3. Lupakan Perangkat

Jika sebelumnya Anda telah memasangkan dan menggunakan perangkat Bluetooth, tetapi tiba-tiba menolak untuk terhubung ke perangkat lawan Anda setelah beberapa waktu, melupakan perangkat tersebut mungkin bisa menjadi solusi.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus alamat Bluetooth dari memori koneksi Bluetooth ponsel smartphone dan menghubungkannya kembali dari awal.

Caranya:
  • Masuk ke menu Pengaturan Hp, lalu pilih Bluetooth pada tab Koneksi
  • Kemudian pada bagian 'Perangkat Tersambung Sebelumnya', ketuk ikon gear di sebelah alamat perangkat Bluetooth yang bermasalah.
  • Pada halaman detail Perangkat, tekan ikon Lupakan dan pilih Lupakan Perangkat pada prompt konfirmasi.
Selanjutnya, kembali ke langkah 2 dan ketuk 'Pasangkan perangkat baru' untuk menghubungkan kembali perangkat Bluetooth. Ngomong-ngomong, letakkan perangkat Bluetooth dalam mode berpasangan. Dan jika Anda diminta untuk mengkonfirmasi atau memasukkan kode konfirmasi pemasangan, klik Pasangkan atau OK.

4. Bersihkan Data & Cache

Menumpuknya Cache dan Data yang tersimpan dapat menjadi penyebab Bluetooth Android tiba-tiba error. Cara mengatasinya cukup gampang. Anda hanya harus membersihkan Cache dan Data yang tersimpan pada smartphone dengan cara:
  • Masuk ke Pengaturan, lalu tekan tab Aplikasi
  • Kemudian pilih Manajer Aplikasi dan tekan tab Semua
  • Selanjutnya Cari Bluetooth, jika sudah ketemu tekan tombol Hapus Data dan Hapus Cache 
Setelah itu coba kembali Bluetooth Android Anda sudah berfungsi atau masih error.

5. Restart HP

Terkadang hal simple seperti me restart hp dapat menjadi solusi mengatasi error yang tiba-tiba muncul pada Android. Pasalnya, merestart sendiri memiliki beberapa manfaat seperti merefresh sistem, mengatasi aplikasi error, mengosongkan RAM, dan memperbaiki kegagalan pada sistem.

Jadi tidak ada salahnya Anda melakukan metode ini.

6. Update Sistem Pada Android

Pembaruan Android memiliki riwayat merusak fungsi perangkat tertentu. Dan jika Anda baru saja memperbarui perangkat Android atau menjalankan versi Android lama, bug Bluetooth mungkin bertanggung jawab atas kesalahan ini. Menariknya, bug ini dapat diatasi dengan menginstal pembaruan baru yang bebas bug.

Caranya: 
  • Buka Pengaturan kemudian pilih Sistem 
  • Lalu pilih Tentang perangkat terus tekan tab Pembaruan Sistem 
  • Terakhir, klik tombol 'Periksa pembaruan'.
Jadi jika error ini dikarenakan oleh update-an sistem maka metode ini pasti akan berhasil.

7. Factory Reset Android

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembalikan Android ke pengaturan pabrik. tapi sebelumnya pastikan Anda telah membackup data yang tersimpan pada smartphone supaya tidak terhapus.

Berikut cara melakukan factory reset dari menu Settings:
  • Buka menu Settings
  • Kemudian Buka menu Backup & reset di bawah menu Personal
  • Lalu Tekan Factory data reset di bawah menu Personal data
  • Selanjutnya Tekan Reset phone
  • Akan tampil warning bahwa proses selanjutnya akan menghapus semua data dari penyimpan internal HP
  • Saat ponsel selesai melakukan proses penghapusan, pilih opsi untuk me-restart HP Anda 
Setelah melakukan Factory Reset, HP Android Anda akan kembali ke pengaturan awal.

Penutup

Itulah 7 Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak berfungsi supaya kembali normal dan bisa terhubung kembali saat melakukan pairing dengan HP lainnya.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak berfungsi"