Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Kontak Android Dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Backup Kontak di HP Android

Cara Backup Kontak Android Dengan Mudah dan Cepat - Pada awal tahun 2000-an silam, ponsel tidak memiliki memori yang besar sehingga pengguna tidak dapat menyimpan banyak kontak nomor seperti sekarang. Tapi itu tidak seberapa, karena sebagian besar dari mereka yang merasakan menggunakan hp sebelum era milenium harus mencatat nomor telepon di sebuah kertas atau menghapalnya dikepala mereka.

Di zaman sekarang, Pembuat ponsel berbasis Android seperti Samsung dan Xiaomi menawarkan solusi native cloud kepada para penggunanya untuk mencadangkan data mereka. 

Namun Techiuroid tidak menyarankan kepada kalian menggunakan opsi ini karena ini hanya berfungsi di antara perangkat mereka. Jadi ketika hp Anda hilang dan Anda berganti merek, Anda tidak akan dapat mengakses data cadangan tersebut.

Berikut alternatif  membakcup kontak Android yang dapat Anda gunakan selain native cloud.

3 Cara Backup Contact di HP Android

Metode mencadangkan kontak yang Techiuroid sebutkan di bawah ini cukup berguna dan bekerja di semua merek android. jadi langsung saja, silahkan lihat cara backup contact di hp android yang bisa Anda coba di bawah ini.

1. Cara Mencadangkan Kontak di Android Dengan Akun Google

Secara default, Google menawarkan fitur menyinkronkan kontak ke Gmail yang terkait dengan android pengguna yang nantinya bisa diakses melalui Web Gmail Kalender, dan layanan utama Google.

Fitur ini biasanya akan aktif dengan sendirinya setelah pengguna login menggunakan gmail di hp mereka. Namun bagi yang telah menonaktifkan fitur Sync Anda harus mengkaktifkannya terlebih dulu supaya dapat membackup kontak di android.

Untuk langkah-langkahnya silahkan lihat di bawah ini.

Masuk ke Pengaturan (Settings), kemudian pilih Tentang Telepon (About Phone), lalu klik Akun Google (Google Account)tekan tab Sinkronisasi Akun (Account Sync), terus geser tombol Aktifkan tab Kontak ke arah kanan.

Catatan: Anda akan melihat tampilan yang berbeda di hp, Tapi yang perlu digaris bawahi adalah masuk melalui menu Sinkronisasi.


Cara Mencadangkan Kontak di Android Dengan Google Sync And Backup

Untuk memastikan Anda berhasil membuat backup kontak, silahkan buka aplikasi aplikasi Google Drive. Jika tidak memiliki aplikasinya Anda bisa membukanya dari browser, Setelah itu ketikan https://drive.google.com/drive/

Lalu klik ikon tiga titik, terus pilih Cadangan (Backup), kemudian ketuk Cadangan Perangkat (Device Backup) dan klik Data aplikasi (App data). Sekarang Anda akan mendapati kontak yang telah di backup disini.

2. Cara Mencadangkan Kontak di Android Dengan Aplikasi Super Backup

Cara Backup Kontak di HP Android

Super Backup memiliki tool pencadangan terbaik untuk android. untuk bisa menikmati apps ini yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengunduhnya di play store.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mencadangkan data aplikasi, data SMS, Kontak, Log panggilan, Kalender, dan lainnya. Selain itu Super Backup juga menawarakan fitur penjadwalan backup secara berkala.

Semua data yang telah dicadangkan di aplikasi ini nantinya dapat Anda unggah ke Google Drive secara manual atau otomatis yang bisa Anda atur sesuai keinginan sendiri.

Dalam Super Backup juga terdapat fitur Sharing yang bisa pengguna gunakan untuk mengirimkannya ke orang lain melalui menu default share. 

3. Cara Backup Kontak di HP Android Menggunakan Aplikasi Kontak

Metode ketiga ini kita bisa melakukanya tanpa internet atau offline. nantinya kontak yang sudah di cadangkan akan berada di SIM Card (Kartu SIM) atau Memori Card (Kartu SD) tergantung opsi mana yang Anda pilih.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Backup Kontak ke Kartu SIM

Langkah 1: Buka aplikasi Kontak di hp Anda
Langkah 2: Kemudian klik tombol menu atau tiga titik di atas kanan layar (tergantung hp)
Langkah 3: Lalu pilih opsi Impror/Ekspor Kontak Jika tidak ada masuk ke Setelan terlebih dulu
Langkah 4: Setelah itu tekan Ekspor ke kartu SIM
Langkah 5: Selanjutnya akan tampil box dialog Ekspor kartu SIM, Klik OKE untuk menyudahi proses backup

Backup Kontak ke Kartu SD

Ulangi Langkah 1 sampai 3 diatas, kemudian klik Ekspor ke Memori Card Kartu SD, Terakhir tekan OKE pada dialog box yang muncul untuk menyelesaikan proses backup kontak.

Penutup

Demikianlah panduan cara backup contact android yang bisa Anda lakukan dengan mudah saat akan berpindah dari hp lama ke yang baru. Kalau masih ada yang kurang di mengerti jangan sungkan bertanya lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Backup Kontak Android Dengan Mudah dan Cepat"