Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp yang Benar-benar Menghormati Privasi Anda

5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp yang Benar-benar Menghormati Privasi Anda

Ketika raksasa media sosial Facebook membeli messenger seluler favorit semua orang, WhatsApp, pengguna dijanjikan bahwa data mereka akan bersifat pribadi dan bahwa mereka tidak akan tunduk pada hal-hal teduh yang diketahui oleh Mark Zuckerberg dan kru. 

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak privasi diambil dari pengguna Whatsapp atas nama "data analitis."

Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda dapat mempercayai aplikasi ini benar-benar pribadi dan tidak berharap mendapatkan data yang ditambang untuk informasi berharga - informasi yang dapat dengan mudah dijual kepada pengiklan. 

Di sini kami akan menunjukkan 5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp terbaik yang benar-benar menghormati privasi Anda.

Fitur Utama dari Alternatif WhatsApp

Ada beberapa fitur utama WhatsApp yang ingin kami bandingkan. Pertama, ini terasa seperti klien obrolan modern dan bersih. 

Tidak ada elemen desain gila atau semacamnya. Lain adalah bahwa panggilan disertakan, yang merupakan bagian besar dari mengapa begitu banyak orang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Apps Alternatif WhatsApp ini bisa menjadi seperti "FaceTime" bagi mereka yang memiliki ponsel Android atau mereka yang berbicara dengan seseorang di luar negeri.

Dan terakhir, WhatsApp memang memiliki pesan enkripsi, tetapi masalahnya adalah Facebook ada di tengah-tengah pesan Anda, jadi sulit untuk mengatakan dengan tepat apa yang mereka ketahui. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, di sini kita sebagian besar melihat klien obrolan modern yang dirancang dengan rapi dengan panggilan dan enkripsi ujung-ke-ujung yang sebenarnya.

5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp

Berikut 5 Aplikasi altenatif mirip WhatsApp (WA) yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Playstore: 

1. Conversations

Conversations

Conversations adalah aplikasi berbayars dan bersumber terbuka berdasarkan protokol Jabber / XMPP. Perusahaan menggunakan server XMPP sendiri dan berjanji untuk "tidak pernah mengunggah data ke pengembang". 

Fakta bahwa ini adalah aplikasi open source membuat siapa pun dapat membuka GitHub untuk melihat apa yang terkandung dalam kode (misal: Masalah privasi yang cerdik) dan memberikan kontribusi sendiri. Ini adalah aplikasi yang berkomitmen untuk terbuka.

Anda tidak perlu menggunakan akun Google atau nomor telepon di sini, dan ini hanya menuntut sedikit izin Anda (meskipun tentu saja akan membutuhkan akses kamera dan mikrofon jika Anda ingin menggunakan fitur video dan suaranya). 

2. Element

Element

Aplikasi Element menggunakan Matrix sebagai backend dan merupakan aplikasi obrolan luar biasa bagi mereka yang menyukai sumber terbuka dari ujung ke ujung. 

Semuanya mulai dari klien obrolan, protokol obrolan, dan perangkat lunak konferensi video semuanya open source, yang merupakan bagian penting dari mengapa Element sangat menghormati privasi Anda.

Dalam komunitas open source, orang pada umumnya sangat sadar akan privasi mereka, dan mereka akan mencari di kode sumber untuk memastikan perangkat lunak yang mereka gunakan aman untuk mereka gunakan tanpa memberikan data mereka ke perusahaan yang tidak mereka gunakan. 

Penyiapannya sederhana: Anda dapat mendaftar langsung dari aplikasi tanpa nomor telepon (nilai tambah yang besar jika Anda tidak memiliki akses ke nomor telepon) dan opsinya umumnya cukup transparan. 

3. Wickr Me

Wickr Me

Mungkin dalam dukungan terbaik dari aplikasi perpesanan berorientasi privasi, Wickr Me tampaknya digunakan oleh jurnalis, pemimpin dunia, dan jenis lain yang ingin merahasiakan bisnis pribadi mereka. (Tidak ada nama yang ditentukan, ingat, tapi itulah intinya, kan?)

Seperti Element, Wickr Me tidak memerlukan nomor telepon untuk masuk dan berisi segala macam fitur konyol dan menyenangkan, seperti stiker dan emoji. 

Wickr tidak menyimpan kontak Anda di servernya, tidak menyimpan metadata, dan menghapus pesan dari ponsel Anda tanpa dapat diambil kembali saat Anda memintanya. 

Wickr Me 100% Gratis, tidak melibatkan iklan, dan mengenkripsi data Anda.

4. Telegram 

Telegram

Telegram mungkin merupakan alternatif paling layak untuk WhatsApp. Sebagai permulaan, penyiapannya sangat sederhana. Ini memandu Anda melalui segala hal langkah demi langkah, dan sangat mudah untuk memulainya.

Plus, pada dasarnya Telegram memiliki fitur yang sebanding seperti pesan suara dan video, sistem login berbasis nomor telepon, stiker, emoji, chat bot, grup, saluran, dan banyak lagi.

Bersama dengan fitur-fitur keren itu, Anda dapat mengintegrasikannya dengan asisten digital Anda di ponsel cerdas Anda.

Hal terbaiknya adalah, Anda dapat dengan mudah mengimpor obrolan WhatsApp Anda ke Telegram, dan Anda dapat menggunakan Telegram di Windows, Mac, dan bahkan Linux dengan atau via web Telegram melalui desktop. 

Yang terbaik dari semuanya, Telegram mendukung enkripsi ujung ke ujung dan menghormati privasi Anda.

5. Signal

Signal

Signal adalah aplikasi untuk Android, iPhone, macOS, Windows, Linux, dan Chrome yang dirancang dengan prinsip yang mirip dengan Telegram. 

Komunikasi pribadi didasarkan pada nomor telepon Anda, dan mereka berjanji tidak akan mengenakan biaya SMS dan MMS, karena nomor Anda hanya digunakan sebagai ID dan bukan titik transmisi.

Signal adalah Apps obrolan sumber terbuka yang paling banyak mendapatkan dukungan, termasuk dukungan pujian dari Edward Snowden yang terkenal, meskipun agak kontroversial.

Penutup

Itulah daftar 5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp yang Benar-benar Menghormati Privasi. Anda pilih yang mana?

Posting Komentar untuk "5 Alternatif Apps Mirip WhatsApp yang Benar-benar Menghormati Privasi Anda"