Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi - Terlepas dari seberapa jauh teknologi telah berkembang, pasti tidak selalu sempurna. 

Ini terutama ketika Anda benar-benar membutuhkan Wi-Fi tetapi malah mendapatkan pesan kesalahan. 

Pesan Kesalahan mendapatkan alamat atau Obtaining IP Address WiFi di Android bisa membuat Kita frustasi apalagi jika kita sedang tidak mempunyai paket data seluler.

Penyebab Error Obtaining IP Address WiFi

Guna terhubung ke jaringan Wi-Fi, perangkat Android Anda harus diberi alamat IP. Tanpanya, Anda tidak diizinkan untuk terhubung. 

Router jaringan bertugas menetapkan alamat IP. Jika tidak dapat menetapkannya, Anda mendapatkan kesalahan alamat IP di Android.

Penyebab pasti mengapa ini terjadi sangat bervariasi. Terkadang hal itu terjadi di jaringan yang telah Anda sambungkan ribuan kali ketika tidak ada yang berubah sama sekali. 

Di lain waktu, ini mungkin jaringan baru yang tidak dapat Anda sambungkan. 
Dalam kebanyakan kasus, memperbaiki kesalahan Obtaining IP Address WiFi bisa di lakukan dengan melalui serangkaian langkah pemecahan masalah untuk menyegarkan koneksi.

Cara Mengatasi Error Mendapatkan Alamat IP Wifi 

Berikut Panduan Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi:

Periksa Pengaturan Keamanan Router

Router modern cenderung memperbarui dirinya sendiri secara otomatis sehingga terlindungi dari ancaman terbaru dan menjaga keamanan PC Anda. 

Namun jika ini terjadi, mungkin saja filter MAC baru telah menyiapkan dirinya sendiri yang dapat mengganggu koneksi antara router dan ponsel Android Anda.

Pertama, periksa alamat MAC ponsel Anda dengan masuk ke Menu "Settings(Setelan) -> About phone (Tentang ponsel)", lalu catat "Wi-Fi MAC address (alamat MAC Wi-Fi)" Anda yang tertera disitu.

Kemudian masuk ke router menggunakan kata sandi router Anda (biasanya ditampilkan pada label di router yang sebenarnya), proses untuk mengubah pemfilteran MAC dapat bervariasi tergantung merek router yang berbeda.

Umumnya, pemfilteran MAC harus dalam pengaturan "Advanced" atau "Firewall".

Di situ Anda akan melihat bahwa pemfilteran MAC telah diaktifkan. Anda harus membiarkannya diaktifkan, tetapi jika dalam keadaan mati, silahkan aktifkan pemfilteran MAC untuk ponsel Android Anda.

Restart Android

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi jika ini adalah jaringan yang sebelumnya Anda sambungkan dengan sukses dan tidak ada yang berubah, mungkin ada masalah dengan perangkat Anda. 

Sesuatu yang sederhana seperti aplikasi yang tidak dimulai dengan benar dapat mencegah Anda terhubung. 

Jadi, silahkan restart perangkat Android Anda untuk menyambungkan ulang IP Address ke hp.

Restart Router

Terkadang bisa jadi router yang bertingkah dan menolak untuk mengenali perangkat yang ingin ada hubungkan. 

Perbaikan sederhana adalah dengan me-restart router. 

Tekan tombol power untuk mematikan router, Kemudian tunggu selama 30 detik, dan hidupkan kembali. Setelah router di restart, coba sambungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi lagi.

Reset Router

Jika me-restart router tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah menyetel ulang router Anda. Sebuah "reset" berbeda dari "restart" di mana semua konfigurasi akan hilang, dan router dikembalikan ke status pabrik. 

Sebagian besar router memiliki tombol reset. Tekan dan tahan hingga router tereset. 

Cara ini bertujuan untuk menetapkan ulang alamat IP dan menghubungkannya ke perangkat. Setelah di reset, Anda harus mengkonfigurasi router lagi.

Lupakan Jaringan

Perangkat Android Anda menyimpan jaringan yang Anda sambungkan. Anda dapat menghapusnya kapan saja. Jika sesuatu tidak disimpan dengan benar atau tidak terbaca dengan benar, Anda mungkin mendapatkan kesalahan alamat IP di Android. 
Namun sebelum melakukan ini, pastikan Anda mengetahui sandi jaringan sebelum menyambungkan kembali.

Buka menu Settings (Pengaturan) -> Network & Internet (Jaringan & Internet) -> Wi-Fi. ketuk nama jaringan dan pilih Forget (Lupakan).

Ketuk jaringan lagi, masukkan kata sandi, dan coba sambungkan lagi.

Ubah Nama Perangkat

Mungkin ada masalah dengan nama perangkat Anda dan menjadi penyebab gagal Mendapatkan Alamat IP Wifi.

Buka "Pengaturan -> Sistem -> Tentang Ponsel -> Nama Telepon (atau Perangkat)".

Masukkan nama baru dan reset perangkat Anda.

Factory Reset HP

Jika Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi diatas tidak ada yang berhasil, mungkin Anda harus mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. 

Pasalanya Masalah pada WiFi, dapat juga disebabkan karena sistem yang bermasalah. Entah karena eror dari bug atau sebab lainnya.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama, buka Setelan HP Android Anda.
  • Masuk ke pengaturan Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Pilih opsi Kembalikan HP ke Pengaturan Pabrik.

Penutup

WiFi gagal terhubung karena error Obtaining IP Address dapat disebabkan oleh bermacam-maacam hal. Semoga Cara Mengatasi Pesan Kesalahan mendapatkan alamat IP Address diatas berguna untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi"