Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Lemot Agar Kembali Cepat

Cara Mengatasi Android Lemot Agar Kembali Cepat

Jika smartphone yang Anda gunakan sudah berumur, mungkin Anda akan melihat penurunan kinerja pada ponsel seperti Android yang lemot.

Ada beberapa alasan smartphone menjadi lamban. Alasan utama mengapa ponsel melambat seiring waktu adalah karena pembaruan sistem operasi sering kali meninggalkan perangkat keras yang lebih lama. 

Perusahaan juga memperbarui aplikasi untuk memanfaatkan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat dan arsitektur yang lebih efisien.

Masalah Android Lemot dan lambat bukanlah hal yang aneh atau jarang terjadi karena hal ini pasti akan terjadi pada perangkat sudah berumur apapun mereknya dan tipenya.

Untungnya ini adalah masalah simple yang dapat Anda atasi dengan mudah.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Android Lemot Lambat

Mari kita bahas tentang mengapa hal ini terjadi di Android dan cara memperbaikinya:

Penyimpanan Penuh Menyisakan Sedikit Ruang untuk Menjalankan OS

Layar Penyimpanan di menu Setelan menunjukkan kepada Anda seberapa penuh penyimpanan perangkat Anda dan apa yang menggunakan ruang tersebut. 

Mengoperasikan ponsel dengan sedikit atau tanpa penyimpanan yang tersedia akan menghasilkan ponsel yang lamban. sesuatu yang juga berlaku untuk komputer.

File cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan jika dibiarkan terus bertambah, jadi membersihkan file cache dapat mengosongkan ruang disk dan membuat sistem file Anda bekerja lebih baik, setidaknya sampai cache tersebut terisi kembali.

Solusi:

Ketahuilah berapa banyak foto dan video yang Anda rekam, karena mereka menghabiskan ruang dengan cepat. Jika Anda memiliki keduanya terlalu banyak, pindahkan saja ke hard drive komputer, SD Card atau ke penyimpanan cloud untuk mengosongkan ruang di ponsel. 

Anda bahkan dapat melakukan ini secara manual menggunakan Foto Google. Jika tidak, copot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan, hapus file yang tidak Anda perlukan, dan hapus cache aplikasi untuk mengosongkan ruang.

Anda juga dapat melakukan reset pabrik dan hanya menginstal aplikasi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan perangkat yang seperti baru.

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Anda mungkin telah memasang lebih banyak aplikasi saat Anda terus menggunakan perangkat Anda, beberapa di antaranya terbuka saat memulai dan berjalan di latar belakang.

Jika Anda telah memasang banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi tersebut dapat menghabiskan sumber daya CPU, mengisi RAM, dan memperlambat perangkat Anda.

Demikian pula, jika Anda menggunakan wallpaper animasi atau memiliki banyak widget di layar beranda, ini juga menggunakan CPU, grafik, dan sumber daya memori.

Solusi:

Nonaktifkan wallpaper animasi, hapus widget dari layar beranda Anda, dan copot pemasangan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan. 

Untuk memeriksa aplikasi apa yang menggunakan proses latar belakang, kunjungi Menu Layanan Berjalan di opsi Pengembang (di Marshmallow dan yang lebih baru). 

Jika Anda tidak menggunakan aplikasi yang berjalan di latar belakang, copot pemasangannya.

Jika Anda tidak dapat mencopot pemasangannya karena disertakan dengan perangkat Anda dan menonaktifkannya.

Pembaruan Aplikasi

Tragedi sebenarnya adalah sebagian besar pengembang tidak memperhatikan sumber daya yang digunakan oleh aplikasi mereka. 

Faktanya, seiring dengan peningkatan perangkat keras perangkat secara keseluruhan, pengembang cenderung menjadi lebih malas dalam hal pengelolaan sumber daya. 

Aplikasi cenderung memakan lebih banyak RAM dan CPU tetapi perangkat keras Anda tetap sama, sehingga kinerja terasa lebih lambat dari waktu ke waktu. Contohnys seperti aplikasi Spotify. 

Bandingkan bagaimana keadaannya sekarang dengan pada tahun 2014. Versi saat itu akan berjalan dengan baik pada ponsel saat ini, tetapi versi Spotify saat ini kemungkinan tidak akan berfungsi pada ponsel era 2014.

Terapkan ini ke semua aplikasi di perangkat Anda dan mudah untuk melihat mengapa sekarang tampak lebih lambat.

Solusi:

Ganti aplikasi dengan alternatif yang lebih ringan. Aplikasi dalam kategori ini termasuk aplikasi pencatatan, aplikasi media, aplikasi jejaring sosial, dan aplikasi kantor.

Dalam beberapa kasus, versi aplikasi yang lebih lama mungkin tersedia. Selama tidak ada masalah keamanan yang mencolok, perangkat Anda mungkin lebih baik daripada versi terbaru.

Degradasi Memori Bertahap

Smartphone dan sebagian besar gadget elektronik berjalan pada memori flash, yang merupakan jenis media penyimpanan solid-state tanpa bagian yang bergerak. Jenis memori flash yang paling umum disebut NAND dan cepat serta terjangkau.

Memori NAND tumbuh lebih lambat saat diisi. Kehilangan kecepatan dengan penyimpanan penuh bisa jadi signifikan. Memori NAND juga menurun seiring penggunaan.

Saat batas penggunaan tercapai, sel akan aus dan memengaruhi kinerja. Dan karena perangkat Anda selalu menulis data, kerusakan tidak dapat dihindari.

Solusi:

Kami menyarankan agar Anda tetap menggunakan 75 persen dari total kapasitas penyimpanan perangkat Anda. Jika penyimpanan internal Anda 8 GB, jangan melewati ambang 6 GB.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Lemot Agar Kembali Cepat"